Powered By Blogger

Remember..!!!

"All Of The First Draft Are Shits - Semua Tulisan Pertama Pasti Kacau"

6/28/2011

Koleksi Korek Api / Safety Matches Ku


Jika mendengar kata korek api, salah satu benda yang terlintas di kepala adalah rokok. Korek api memang identik dengan rokok. Untuk menyalakan rokok, dibutuhkan api yang biasanya berasal dari korek.

Korek api adalah sebuah alat untuk menyalakan api secara terkendali. Korek api dijual bebas di toko-toko dalam bentuk paket sekotak korek api. Sebatang korek api terdiri dari batang kayu yang salah satu ujungnya ditutupi dengan suatu bahan yang umumnya fosfor yang akan menghasilkan nyala api karena gesekan ketika digesekkan terhadap satu permukaan khusus. Walaupun ada tipe korek api yang dapat dinyalakan pada sembarang permukaan kasar.

Korek api yang dinyalakan dengan digesek pertama kali ditemukan oleh kimiawan Inggris John Walker tahun 1827. Penemuan tersebut diawali oleh Robert Boyle tahun 1680-an dengan campuran fosfor dan belerang, tetapi usahanya pada waktu itu belum mencapai hasil yang memuaskan. Walker menemukan campuran antimon (III) sulfida, potasium klorat, natural gum, dan pati dapat dinyalakan dengan menggesekkannya pada permukaan kasar. sebelum korek ditemukan, bangsa cina telah mengembangkan korek api sederhana yang terbuat dari batang kayu mengandung belerang pada tahun 577.

Dan saat ini, Saya telah mengoleksi beberapa korek api yang bersal dari daerah-daerah yang pernah saya kunjungi, seperti Jawa, Kalimantan maupun daerah-daerah di Sulawesi, dan pemberian dari teman-teman.

Dan semoga dengan keinginanku untuk mengoleksi Korek api bisa membawaku untuk keliling indonesia bahkan keliling dunia.

6/22/2011

Musyawarah Besar Komunitas Intelektual Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KINESIK) Ke-VIII


Komunitas Intektual Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KINESIK) FISIP-UNTAD kembali melaksanakan kegiatan Musyawarah Besar Ke-VIII. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 18-19 Juni Kemarin ini bertempat Di Gedung KNPI Sul-Teng. Adapun Panitia Pelaksana dipercayakan kepada anak-anak komunikasi angkatan 2010.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh angkatan termasuk alumni ini bertemakan "Melalui MUBES Kita Tingkatkan Kesadaran Iptek Menuju Perkembangan Ke-Ilmuan Komunikasi". Kegiatan Tahunan ini bertujuan untuk memilih kepengurusan baru yaitu dari pengurusan periode 2010-2011 (Pengurus Angkatan 2008) ke Periode 2011-2011 (oleh angkatan 2009). Selain itu juga, kegiatan ini bisa dijadikan ajang silaturahmi antar mahasiswa ilmu komunikasi FISIP UNTAD.

Pada MUBES KINESIK Ke-VIII ini, pasangan Deni Kurniawan - Henatisya terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua dalam kepengurusan periode 2011-2012 setelah mengalahkan Pasangan Ikhwanul Arif Hanifa - Dwi Verawati A.L dengan perolehan suara 53-24.

Setelah terpilihnya Kepengurusan baru KINESIK ini, harapan kami, Semoga kinesik semakin jaya dan semakin kreatif serta mampu menjadi naungan dan pemersatu mahasiswa ilmu komunikasi di UNTAD.

6/06/2011

Satu Minggu Pasca MUNAS IMIKI 2011


Tak terasa, satu minggu sudah berlalu kebersamaan kita di MUNAS IMIKI 2011 di Banten, satu minggu memang bukanlah waktu yang lama, namun kenangan-kenangan di saat-saat kebersamaan kita Di Munas masih membekas sampai saat ini, walaupun kita teman-teman peserta munas sudah kembali ke daerah masing-masing. Namun saat-saat itu masih selalu teringat atau terbayang ketika kita melakukan sesuatu.

Masih ingat nggak? ketika pagi-pagi, panitia sudah harus ke door to door untuk membangunkan peserta munas, di iringngi dengan sapaan khasnya yang tentunya para peserta sudah pada tahu "bang, bangun bang, udah pagii nih, ayo bangun bang, sarapan, entar sakit loh" yang sampai-sampai, sudah pada di rumah nih di daerah masing-masing, masih nge-SMS panitia suruh bangunin. Hmmm, hihi..

Masih ingat nggak? ketika panitia harus kembali ke kamar peserta munas untuk memberitahukan kalau sarapan pagi sudah siap dan batas jam makan cuma sampai jam 07.30 karena harus ke audit, bahkan tidak jarang panitia harus menggiring peserta ke ruang prasmanan untuk makan (makan aja susah amat yah).

Masih ingat nggak? ketika sementara makan panitia sudah mengumunkan bahwa sidang akan dimulai jam 09 di ruang audit. Tapi lagi-lagi panitia harus menggiring peserta munas untuk masuk keruang sidang di audit karena waktu skors yang sudah molor beberapa jam.

Masih ingat nggak? ketika suasana sidang mulai tidak kondusif atau lagi tegang-tegangnya para peserta sidang untuk mencari kata "Sepakat", ada-ada saja peserta sidang yang angkat tangan dan mengusulkan Coffebreak dulu atau istirahat makan siang sekalian sholat dulu.

Masih ingat nggak? Ketika malam terakhir Di Rangas Bitung, setelah selesai pembahasan AD/ART dan pemilihan anggota DPA yang kemudian dilanjutkan dengan agenda sidang pemilihan Ketua Umum IMIKI Pusat Periode 2011-2012 yang sampai jam 5 subuh. Sampai-sampai perhelatan akbar antar Barcelona Vs Manchester United harus terlewatkan. Bahkan lagi-lagi peserta sidang mengusulkan untuk meng-Skors sidang selama 2x45 menit demi Barca dan MU (ini MUNAS atau NOBARNAS nih? Hahaha).

Masih Ingat dong? Ketika panitia mengagendakan IMIKI Study Tour Ke Pantai Anyer. Walaupun perjalanan agak melelahkan, tapi Di Anyer lah para peserta Munas menjadi lebih akrab, kompak dan berkesan. Tidak ada lagi batasan antar panitia dan peserta, semua melebur menjadi satu, yaitu Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia.

Teman-teman pasti masih ingat! ketika hari terakhir sidang Di Gedung B Untirta, dimana suasana semakin akrab di detik-detik terakhir kebersamaan kita semua, tukaran nomor handphone, alamat Facebook, twitter oleh masing-masing peserta. Dan walaupun sempat terjadi kesalahpahaman antar Wilayah, namun itu janganlah dijadikan alasan untuk memecah IMIKI. Karena kita semua sama yaitu Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang tergabung didalam Keluarga Besar IMIKI.

Dan terakhir, teman-teman pasti masih ingat dan akan selalu mengingat, saat rasa haru diantara kita hingga tak terasa air mata menetes, karena saat itulah kita harus berpisah dengan teman-teman panitia dan teman-teman peserta munas dari daerah lain. karena kegiatan Musyawarah Nasional IMIKI dari tanggal 25-30 Mei 2011 Di Untirta - Banten telah berakhir.

Semoga kebersamaan kita yang singkat namun berkesan itu menjadikan kita semua semakin akrab, tetap solid dan menjadi saudara Se-Nusantara yang terikat dalam IMIKI.

Hidup Mahasiswa!!
Hidup IMIKI!!


Palu, 06 Juni 2011
Imran Rosadi

6/01/2011

Tugas Final Komunikasi Pemasaran

Nama : Imran Rosadi
Stmbk : B 501 08 060
Tugas : Komunikasi Pemasaran (Final)

SOAL :
1. Uraikan apa perbedaan konsep pemasaran dan konsep penjualan ?
2. Jelaskan mengapa sekarang ini penting Self Marketing ?
3. Uraikan latar belakang dan tujuan pemasaran social ?
JAWAB :
1. Banyak orang berfikir bahwa kedua istilah itu sama. Padahal masing-masing mempunyai konsep yang berbeda. Konsep Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya. Konsep Penjualan menfokuskan pada kebutuhan penjual. Karena itu penjualan sibuk dengan kebutuhan penjual untuk mengubah produk/jasanya menjadi cash atau uang kontan. Konsep Pemasaran lebih menekankan pada keinginan konsumen, perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu, manajemen berorientasi ke laba usaha, dan perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok, dan pertumbuhan yang akan datang. Sedangkan Konsep Penjualan lebih menekankan pada produk, perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya, manajemen berorientasi ke volume penjualan, dan perencanaan berorientasi.
2. Self Marketing sekarang ini penting agar kita bisa dengan mudah mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Hal itu disebabkan karena reputasi kita yang baik pada setiap orang yang mengenal kita. Reputasi yg baik disebabkan karna tingkah laku kita sendri juga.
3. Latar Belakang Pemasaran Sosial Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Sebuah perusahaan yang berkompetisi diseluruh segmen,sebaiknya mengidentifikasikan segmen pasar yang paling menarik untuk dilayani. Pemasaran Sosial dapat diartikan sebagai suatu kegiatan menjual produk yang berupa komoditi tertentu seperti pelayanan, ide atau gagasan degan mengaitkan pada kebutuhan atau minat masyarkat. Tujuan pemasaran sosial sebagai berikut : a). memberikan pelayanan yang bermutu yang dibutuhkan masyarakat. b). memberikan pelayanan degan standar praktik, keterampilan yang mantap ( dalam memberikan pelayanan kepada klien )

MUNAS IMIKI 2011




Alhamdulillah, akhirnya nyampe palu juga, setelah satu minggu mengikuti Musyawarah Nasional Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (Munas IMIKI)2011 dari tanggal 25 - 30 juni 2011 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (pembukaan Munas sekaligus Seminar Nasional) dan Untirta Banten Sebagai panitia pelaksana Munas.

Banyak hal yang bisa saya bawa pulang dari sana. selain pengalaman dan ilmu, saya juga bisa mengenal teman - teman Ilmu Komunikasi se-Nusantara, mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Madura dan Sulawesi.

Terima kasih juga buat panitia pelaksana munas imiki 2011 untirta yang sudah mau banting tulang untuk mengurus peserta yang pada bandel-bandel sampai - sampai kurang tidur, jalan kesana sini. maaf yah dah ngerepotin. terutama buat panitia yang setiap pagi nge-bangunin peserta. "abang, bangun dong bang, dah pagi nih, bangun sarapan, ntar sakit loh bang". sampai-sampai kedebgaran terus kalau bangun pagi, padahal sudah di rumah. hahaha...

Eitt, eittss, satu lagii buat panitia, makasi yah sudah ngajak jalan-jalan ke pantai Anyer, jadi bisa berenang sekalian nyeburin temen-temen. dan pastinya, lebih akrab lagiii.

Jujur, saya sangat sedih ketika harus berpisah dengan teman-teman semua, tapi bener kata pepatah, dimana ada pertemuan disitu ada perpisahan. hmmm, tapi saya senang bisa ikut munas IMIKI 2011, semoga kegiatan-kegiatan IMIKI yang berskala nasional berikutnya, kita masih bisa bersua kembali, AMIIIINNNNN!!!!!!!

buat temen-temen IMIKI se-Nusantara yang sempat hadir di Munas imiki 2011, saya pribadi sekaligus mewakili wilayah V, peserta perwakilan Universitas Tadulako, Palu - Sulawesi Tengah memohon maaf kalau selama munas, saya dan teman-teman wilayah V ada salah yang sengaja maupun yang tidak sengaja.

Selamat juga buat kanda Irwan (Unhas) Wilayah V yang telah terpilih menjadi ketua umum IMIKI periode 2011-2012, semoga mampu membawa IMIKI ke masa kejayaan dan lebih baik.

Dan Buat IMIKI, Jaya selalu, semoga kedepannya lebih baik lagi dan mampu menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa ilmu komunikasi se-Nusantara.
Salam IMIKI ..

Imran Rosadi
Palu, 01 Juni 2011